Cara dan Obat Alami Tradisional untuk Flu

Flu menjadi ancaman tersendiri bagi orang-orang di musim hujan. Selain tenggorokan sakit juga disertai rasa gatal dan nyeri saat menelan, flu biasanya ditambah dengan pilek, demam, nyeri tubuh, dan nyeri otot. Tentu saja ini sangat mengganggu dan orang menginginkan flu segera berlalu.

Jangan buru-buru minum obat. Ada banyak cara untuk mencegah dan mengatasi flu, bahkan mengunyah bawang putih pun bisa mencegah flu. Cara terbaik, cobalah mengatasi flu dengan cara alami yang bisa dilakukan di rumah.

Meniup hidung. Hidung tersumbat sangatlah menyiksa. Kita selalu inginnya memencet hidung. Membiarkan lendir dalam hidung sebenarnya memperburuk rasa sakit dan berisiko memasuki paru-paru hingga memicu infeksi. Lebih baik meniup hidung sehingga membuatnya dapat membuang lendir. Tekan satu lubang hidung dan kemudian tiup hidung satunya untuk membersihkan lendir.
Istirahat. Flu menyerang ketika sistem kekebalan tubuh melemah. Istirahat merupakan salah satu unsur penting dari penyembuhan karena akan mengembalikan sistem kekebalan tubuh, sehingga akan lebih mudah untuk mengatasi flu. Selain mempercepat penyembuhan, sekadar berbaring atau tidur di balik selimut sudah cukup untuk membantu menyehatkan tubuh.
Berkumur. Untuk tenggorokan, cobalah berkumur dengan air hangat dicampur dengan berbagai bumbu atau rempah-rempah. Misalnya, seperti dengan menambahkan garam mineral, teh raspberry, cuka apel, sage, jahe, dan kunyit. Lakukan empat kali sehari. Selain meringankan tenggorokan, juga membantu mengatasi flu.
Minum cairan hangat. Minum banyak air penting selama flu. Cairan hangat membantu mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang mengalami radang. Uap dari minuman panas juga membantu mengencerkan lendir.
Uap. Salah satu cara tradisional untuk mencegah dan mengatasi flu adalah dengan penguapan atau uap. Masukkan air panas ke dalam baskom dan tempatkan wajah di atasnya sementara tutup kepala Anda dengan handuk. Untuk hasil yang lebih efektif campur dengan rempah-rempah yang meringankan hidung dan tenggorokan, seperti minyak kayu putih, kunyit, dan jahe.
Menghirup mentol. Oleskan minyak kayu putih atau balsam bermentol dekat lubang hidung. Selain membuat hidung tersumbat jadi lebih baik, ini juga membantu mencegah iritasi kulit di sekitar lubang hidung.
Bantal tinggi. Ketika tidur, cobalah dengan posisi kepala lebih tinggi dari dada. Ini dilakukan untuk mengurangi pembentukan lendir. Cara terbaik dengan bantal ganda dan wajah menghadap langit-langit.
Menghirup bawang. Mencium bau bawang cukup efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Bawang sebagai katalis untuk mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung. Peganglah bawang di bawah hidung selama sekitar lima menit.
Makanan pedas. Capsaicin, senyawa kimia yang ada pada cabai, dapat membantu membersihkan rongga hidung. Ketika serangan flu, cobalah makan sup dengan taburan lada atau makan makanan pedas.
Langkah –langkah yang disebutkan di atas bisa membantu mengatasi flu. Sebelum minum obat atau pergi ke dokter, cobalah langkah alami untuk menyingkirkan flu yang menjengkelkan Anda.

 

 

Beberapa Tips Mengobati Flu Secara Alami :
# Madu untuk Obat Flu

Madu sangat populer sebagai obat paling mujarab untuk mengatasi berbagai penyakit. Madu juga dapat membantu meringankan iritasi pada tenggorokan, dan diyakini mengandung antioksidan dan anti bakterial.
Madu juga terbukti meringankan batuk dan membantu tidur pulas pada anak-anak berusia satu tahun ke atas.

# Jahe untuk Obat Flu

Jahe mengandung banyak senyawa fenolik seperti gingerol dan shogaol yg merupakan antioksidan dengan aktivitas tinggi untuk membentengi tubuh dari radikal bebas penyebab penyakit.
Dianjurkan mengonsumsi minuman jahe saat perubahan cuaca terjadi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Jahe yg juga dipercaya sejak dulu sebagai obat tradisional China dalam memerangi gejala flu, masuk angin, meringankan batuk dan demam.
- Jahe panas ditambah jeruk nipis dan madu bisa dijadikan minuman di saat hujan. Tapi buat yg baru menjalani operasi, sebaiknya hindari minum jahe selama dua minggu.

# Ginseng untuk Obat Flu

Ginseng juga termasuk suplemen herbal yg populer. Ginseng mempunyai banyak manfaat, mulai dari memperbaiki ingatan, memperbaiki konsentrasi, kelelahan, masalah yg berkaitan dengan penuaan, depresi ringan dan bahkan untuk ibu setelah melahirkan.
Kandungan dalam ginseng meningkatkan sistem imun tubuh, karena itu ginseng juga berkhasiat sebagai obat flu.

# Cabe untuk Obat Flu

Cabe mengandung nutrisi penting yg bermanfaat buat kesehatan. Menurut penelitian, kandungan vitamin C dan “betakaroten” pada cabe diklaim lebih tinggi dari buah-buahan populer seperti mangga dan pepaya.
Cabe juga mengandung zat aktif bioflavonoid yg berperan besar dalam menjaga kesehatan jantung dan sebagai agen anti-kanker.
Zat kapsaisin (bahan kimia Capsaicin) dalam cabai atau lada memiliki kemampuan menghalangi aktivitas otak ketika menerima sinyal rasa sakit dari pusat saraf, dan dapat membantu membersihkan rongga hidung (meluruhkan lendir yg menyumbat ditenggorokan dan hidung).

# Bawang untuk Obat Flu

Keluarga Bawang, seperti bawang merah, bawang putih dan bawang bombay mengandung zat bernama “phytochemical allium” dan “allicin” yg bermanfaat buat sistem imunitas tubuh.
Keluarga bawang juga memiliki efek anti bakteri dan virus, dan berperan dalam mempertahankan kadar kolesterol sehat (HDL).
- Mengonsumsi satu siung bawang dalam sehari dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

» Bawang Putih
Bawang putih menganding “Allicin” dapat mengurangi resiko terjangkit flu dan menyembuhkan sakit flu dengan cepat.
Bawang putih dapat berfungsi sebagai dekongestan atau pelega hidung mampet akibat serangan flu (membunuh virus influenza), serta mengandung antioksidan yg dapat mencegah infeksi radikal bebas.
- Tambahkan bawang putih pada sop ayam untuk meredakan gejala flu.
- Tapi ada efek samping buat penderita gula darah dan wanita hamil.

» Bawang Merah
Bawang merah yg juga mengandung kimia antiviral. Bertindak sebagai katalis untuk mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung.
- Rendam potongan bawang merah mentah di madu
- Biarkan selama semalaman
- Gunakan campuran ini seperti sirup obat batuk
Selain itu, bisa juga menambahkan banyak bawang merah dalam masakan saat sedang terkena flu.

» Menghirup Bawang
Mencium potongan bawang cukup efektif untuk mengatasi hidung tersumbat.
- Dekatkan potongan bawang di bawah hidung selama sekitar lima menit.

# Brokoli untuk Obat Flu

Brokoli yg kaya kandungan zat “phytochemical indoles”, sebuah komponen natural yg bekerja sama dengan vitamin, mineral, dan serat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Brokoli juga mengandung “sulforaphane” yg dapat meningkatkan produksi enzim di dalam tubuh untuk melawan pertumbuhan sel kanker.

# Lobak untuk Obat Flu

Lobak yg punya aroma kurang bersahabat buat hidung ini ternyata mengandung nutrisi “betakaroten” yg manfaat meningkatkan metabolisme dan menjaga kesehatan mata. Lobak juga diperkaya dengan vitamin C, asam folat, potasium, vitamain B-6, riboflavin, magnesium dan kalsium.
Potasium berfungsi mencegah proses dehidrasi yg merupakan celah menurunnya daya tahan tubuh dan fungsi keseluruhan tubuh dalam melawan penyakit.
Berbagai nutrisi penting inilah yg menjadikan lobak sebagai makanan sehat untuk mencegah flu, batuk, hingga kanker.

# Konsumsi Vitamin C

Berdasarkan beberapa penemuan baru, vitamin c juga bermanfaat melawan flu dan batuk, mampu mencegah flu biasa dan mengurangi reaksi gejala-gejala flu.

# Konsumsi Zat Besi

Zat besi merupakan mineral esensial yg dibutuhkan lebih dari 300 enzim yg ada di dalam tubuh.
Zat Besi memiliki efek menguatkan sistem imun tubuh, mood, kehidupan seks dan kesehatan yg berhubungan dengan pernafasan. Karena itu Zat besi bisa mengatasi gejala-gejala awal flu, membantu menurunkan gejala flu.
Zat besi yg terdapat pada makanan seperti daging, hati, seafood dan telur ini juga sudah tersedia dalam bentuk pil dan sirup.

* Cara Alami Mengatasi Flu lainnya:

# Minum Cairan Hangat

Uap yg dirilis minuman hangat membantu mengencerkan lendir. Karena itu cairan hangat cukup membantu meredakan hidung tersumbat, membantu mencegah dehidrasi, dapat menenangkan membran hidung dan tenggorokan yg mengalami peradanggan.

# Penghirupan untuk Mengatasi Flu

Oleskan balsam, minyak kayu putih atau salep bermentol di dekat lubang hidung. Selain membuat plong hidung yg tersumbat, ini juga membantu mencegah iritasi kulit di sekitar lubang hidung.

# Penguapan untuk Mengatasi Flu

Salah satu cara tradisional untuk mencegah dan mengatasi flu adalah dengan penguapan atau steam. Masukkan air panas ke baskom lalu dekatkan wajah sambil memerangkap uap dengan handuk yg tersampir di kepala. Agar hasilnya lebih efektif, campur dengan rempah yg melegakan hidung dan tenggorokan, seperti minyak eucalyptus, kunyit, dan jahe.

# Berkumur untuk Mengatasi Flu

Untuk melegakan tenggorokan, coba berkumur dengan air hangat yg dicampur berbagai ramuan herbal atau rempah.
Misalkan dengan menambahkan:
- garam mineral
- teh raspberry
- cuka apel
- sage
- jahe dan kunyit
Lakukan empat kali sehari.

# Meniup Hidung

Hidung tersumbat sangat menyiksa. Rasanya pasti ingin selalu membuat tekanan di hidung, seperti gerakan menarik ingus. Sesaat mungkin terasa plong, tapi aktivitas ini ternyata justru memperburuk sakit dan berisiko membuat lendir masuk ke paru-paru lalu memicu infeksi.
Lebih baik buat tekanan keluar seperti gerakan meniup dengan hidung agar ingus keluar.
- Tekan satu lubang hidung lalu tiup sisi satunya hingga ingus bersih. Lakukan bergantian.

# Bantal Tinggi Ketika Tidur

Usahakan selalu menjaga kepala dalam posisi lebih tinggi dari bagian dada. Ini untuk mengurangi pembentukan lendir.
Cara terbaik adalah tidur dengan bantal dobel dan wajah menghadap langit-langit.

# Beristirahat

Flu menyerang saat daya tahan tubuh lemah. Karenanya, istirahat menjadi salah satu elemen penyembuhan penting karena akan mengembalikan sistem kekebalan tubuh. Selain mempercepat penyembuhan, berbaring atau tidur di balik selimut cukup membantu menyegarkan tubuh yg mulanya lemas.

 

Obat Tradisional Untuk Flu

1. Vitamin C
Vitamin C hanya mampu mencegah flu biasa dan mengurangi reaksi gejala-gejala flu, menurut penelitian terbaru. Namun meski demikian Vitamin C tetap bermanfaat untuk melawan flu dan batuk.

2. Madu
Menurut studi madu juga menunjukkan dapat membantu meringankan iritasi pada tenggorokan dan diyakini mengandung antioksidan dan anti bakterial. Oleh karena itu Madu populer sebagai obat mujarab di beberapa negara didunia. Madu juga terbukti meredakan batuk dan membantu tidur nyenyak pada anak-anak berusia satu tahun ke atas.

3. Ginseng
Banyak manfaat dari ginseng ini mulai dari memperbaiki ingatan, memperbaiki konsentrasi, kelelahan, masalah yang berkaitan dengan penuaan, depresi ringan dan bahkan untuk ibu setelah melahirkan. Oleh karena itu Ginseng dianggap sebagai suplemen herbal yang populer. Kandungan dalam ginseng meningkatkan sistem imun tubuh, untuk itu tak salah jika ginseng disebut berkhasiat sebagai obat flu.

4. Bawang Merah
Rendam potongan bawang merah mentah di madu, biarkan selama semalaman. Gunakan campuran ini seperti sirup obat batuk. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan banyak bawang merah dalam masakan saat sedang terkena flu. Karena kandungan dalam bawang merah yang tak jauh beda dengan bawang putih, mengandung kimia antiviral.

5. Zat Besi
Zat besi dapat Anda temukan pada makanan seperti daging, hati, seafood dan telur. Saat ini juga sudah tersedia dalam bentuk pil dan sirup. Kenapa zat besi bermanfaat? Zat ini memiliki efek menguatkan sistem imun tubuh, mood, kehidupan seks dan kesehatan yang berhubungan dengan pernafasan. Zat besi juga merupakan mineral esensial yang dibutuhkan lebih dari 300 enzim yang ada di dalam tubuh. Saat Anda mendapatkan gejala-gejala flu awal, tambahkan asupan zat besi dalam diet Anda. Sebagai bonusnya, zat besi ini dapat sedikit membantu menurunkan gejala flu.

6. Jahe
Jahe dipercaya sejak dulu kala sebagai obat tradisional China dalam memerangi gejala flu. Dalam pengobatan India, ayurveda juga dipercaya hal yang sama. Jahe panas ditambah jeruk nipis dan madu bisa dijadikan minuman di saat hujan. Tapi bagi yang baru menjalani operasi,sebaiknya hindari minum jahe selama dua minggu.

7. Bawang Putih
Bawang putih dipercaya memiliki banyak manfaat. Allicin adalah yang paling ampuh melawan flu. Menurut studi kandungan allicin dalam bawang putih dapat mengurangi resiko terjangkit flu dan menyembuhkan sakit flu dengan cepat. Tapi ada efek samping bagi penderita gula darah dan wanita hamil. Menurut tes bawang putih memang mampu membunuh virus influenza. Tambahkan bawang putih pada sop ayam, yang juga dipercaya meredakan gejala flu, lalu nikmati saat masih panas.

Share